-->
Kulit Wajah

Kulit Wajah

Kulit Wajah

Wajah adalah hal pertama yang diperhatikan orang ketika bertemu kita, termasuk juga penampilan kulit Wajah. Kulit yang halus dan mulus tanpa jerawat tentu membuat orang lain betah lama-lama menatap Wajah kita. Kulit kita secara umum terdiri atas Iapisan epidermis dan dermis. 



Epidermis merupakan Iapisan terluar yang berfungsi sebagai Iapisan proteksi dan terdiri atas beberapa Iapisan kulit yang terus mengalami pergantian. Sedangkan dermis adalah Iapisan di bawahnya yang memberi nutrisi pada epidermis dimana terdapat antara lain pembuluh darah, ujung syaraf, folikel rambut, kelenjar minyak serta kolagen dan elastin sebagai komponen utama. Di bawahnya terdapat jaringan lemak subkutan yang melekatkan kulit ke otot atau tulang dan terdiri atas jaringan penyambung dan elastin.

Dibandingkan kulit tubuh bagian lain, kulit wajah bertekstur Iebih lembut dengan lapisan otot yang Iebih tipis di bawahnya, sehingga perawatannya pun Iebih khusus. Secara umum, kulitterbagi atas be- berapajenis, seperti bisa dilihat di bawah ini.



Masing-masing jenis kulit memang memerlukan perawatan yang berbeda-beda sesuai kebutuhannya. Adajenis kulit yang mudah dirawat, tetapi ada juga yang memerlukan perawatan lebih intensif dibanding jenis lainnya karena bermasalah. Problem-problem kulit wajah yang sering dikeluhkan antara lain adalah:

Flek hitam. Flek hitam pada kulit merupakan pigmentasi kulit berlebih yang juga bisa terjadi di bagian tubuh lain. Flek hitam se- bagian disebabkan karena paparan sinar matahari pada wajah. 

Ada juga yang disebabkan oleh perubahan hormon atau akibat penggunaan kosmetik mengandung merkuri. Flek pada wajah bisa dikurangi dengan penggunaan krim atau obat mengandung bahan antipigmentasi topikal seperti hidrokuinon dan niasinami- da atau dengan teknik mikrodermabrasi untuk mengelupas kulit mati. 

Pori-pori kulit yang besar. Sebagian orang memiliki kulit wajah dengan pori yang besar, terutama padajenis kulit berminyak. 

Cucilah wajah dengan air dingin dan sesekali gosok kulit dengan es batu untuk membantu mengecilkan pori. Kerut dan garis-garis halus. Kerut dan garis-garis halus me- rupakan masalah kulit wajah yang umum terjadi akibat proses penuaan. Tetapi, proses ini dapat menjadi lebih cepat akibat terpaan sinar matahari, merokok, dan pola makan yang kurang sehat. Hindari terpaan sinar matahari dan faktor pemicu lainnya untuk mencegah kerut wajah terlalu dini. 

Keratosis seboroik. lni merupakan gangguan yang sering ditemukan pada kulit wajah. Bentuknya seperti benjolan kecil atau berkelompok berwarna coklat atau hitam dengan ukuran bervariasi yang merupakan tumor jinak pada Iapisan kulit paling luar. 

Penyebab yang pasti dari masalah ini tidak diketahui, tetapi kemungkinan berhubungan dengan keturunan, paparan sinar matahari, serta penuaan. Untuk menghilangkannya perlu dilaku- kan tindakan kuretase (dengan pisau bedah), elektrokauter (bedah listrik), atau dengan terapi laser.

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

1 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×