-->
Tips Yang Baik Buat Para Bunda Agar Anak Tetap  Sehat

Tips Yang Baik Buat Para Bunda Agar Anak Tetap Sehat

Tips Yang Baik Buat Para Bunda Agar Anak Tetap Sehat


Seperti apakah asas kesehatan yg baik buat anak? Adakah cara-cara yg bisa dipraktekkan para bunda buat menjaga kesehatan anak? Bagaimanakah tips yang baik buat para bunda agar anak tetap sehat? Pola hidup untuk kesehatan anak, apakah susah buat dipraktekkan? Selanjutnya bagaimanakah langkah-langkah yang baik buat menjaga kesehatan anak agar anak tetap sehat dan kuat sesuai petunjuk dan aturan dalam islam?

Menjaga kesehatan anak adalah kewajiban terutama buat para mak . Kesehatan anak artinya harga yg mahal yg tidak bisa diukur menggunakan materi. Dengan kesehatan maka anak akan permanen bisa bermain serta berbagi kemampuan-kemampuan yang dimilikinya baik itu kognitif maupun afektifnya. Menggunakan anak sehat maka akan sangat membantu orang tua dalam menjalankan aktifitasnya.

Kesehatan anak sebenarnya hanya mengikuti pola hayati keluarga. Famili yang sehat akan lebih mampu menjaga anaknya tetap sehat Jika dibandingkan dengan keluarga yg tidak memperhatikan mengenai pola hidup. Pola hidup yg sangat berpengaruh terhadap kesehatan anak artinya mengenai pola makan. Pola makan orang tua akan diikuti sang anaknya. Sebab anak hanya mengikuti norma yang dilakukan sang orang tuanya. Terutama para ibu sangat memegang peranan krusial.

Sebagai bunda yg baik maka harus menerapkan pola hidup yg sehat pada dalam keluarganya. Pola hidup sehat tidak wajib mahal serta mengeluarkan banyak porto. Poly cara-cara dan tips hayati sehat yang bisa dipraktekkan tetapi tidak memakan porto yg banyak. Hayati sehat jua bukan berarti harus makan yang serba enak. Point yg paling penting artinya kandungan gizi dan kombinasi makanan yang sesuai terutama buat anak-anak.

Era globalisasi sebenarnya malah banyak membawa mudharat bila kita menjadi orang tua tidak bisa mengatur segala gosip yang masuk. Baik itu seputar info kesehatan. Karena waktu ini pula poly gosip-informasi kesehatan yg malah banyak merugikan kesehatan baik itu untuk diri kita sendiri ataupun buat bunda dan anak. Usahakan para ibu tidak menelan mentah-mentah segala isu yang beredar baik itu tentang iklan ihwal seputar kesehatan. Bahasa mudahnya adalah poly iklan yg menyesatkan dan membawa akibat negatif buat kesehatan bunda dan kesehatan anak.

Lantas adakah cara yang baik buat menjaga kesehatan anak serta kesehatan bunda menjadi pengasuh anak. Berikut adalah merupakan langkah-langkah buat membantu menjaga kesehatan anak

  • Membiasakan anak berolah raga
Tidak dipungkiri lagi bahwa olah raga sangat banyak membawa manfaat bagi kesehatan. Dengan anak berolah raga maka akan membantu memperlancara sirkulasi darah. Dengan lancarnya peredaran darah ini maka si anak akan tetap sehat. Perlu diingat bahwa anak yang sehat akan memiliki sistem imunitas tubuh yg bertenaga. Imunitas tubuh yang kuat akan bisa bertahan dari serangan penyakit.

Olah raga yang dianjurkan dan disarankan ialah olah raga renang, memanah, berkuda, gulat serta lari. Olah raga ini akan membuat badan ideal dan kuat.

“ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (riwayat sahih bukhari/muslim)

  • Membiasakan anak bersiwak

Bersiwak sangat membantu buat menyingkirkan kuman serta bakteri yg ada pada pada lisan. Bersiwak mampu dibiasakan kepada anak sejak usia mungil. Gigi yang putih serta higienis mengindikasikan anak rutin bersiwak.

"sekiranya tak memberatkan umatku pasti saya perintahkan mereka bersiwak setiap akan melakukan shalat."

  • Menjaga kesehatan dan membiasakan memotong kuku
Kuku yang panjang artinya daerah bersarangnya kuman serta bakteri. Apalagi norma anak-anak yang senang main pasir sehingga membentuk kuku anak-anak sebagai hitam. Ditambah lagi kebiasaan anak-anak yg suka mencomot kuliner dengan tangan kotor.

“fitrah (kesucian) manusia ada 5: dikhitan, mencukur rambut kemaluan, menggunting (merapikan) kumis, memotong kuku (tangan serta kaki), serta mencabut bulu ketiak.” (hr. Bukhari)

  • Mengikuti norma nabi dalam mengkonsumsi makanan serta minuman
Nabi memiliki cara tersendiri dalam menyantap makanan. Mulai berasal makan dengan menggunakan tiga jari serta merogoh kuliner yang paling terdekat. Dalam adab makan sebaiknya tidak mengacak-acak makanan agar keberkahan makanan tetap terjaga. Dengan anak mampu menahan nafsu makan menggunakan rakus maka akan membantu anak buat mengendalikan emosinya.

  • Posisi tidur miring 
Jangan membiasakan anak buat tidur tengkurap. Posisi tidur yang paling baik adalah menggunakan posisi lambung berada di sebelah kanan. Posisi tidur dengan miring ke kanan sesuai menggunakan tidurnya rasulullah. Tujuannya adalah organ-organ yg penting pada dalam tubuh tidak saling menindih. Terutama organ jantung.


  • Mengobati dengan pengobatan alami
Pemijatan artinya salah satu pengobatan yg baik buat diberikan kepada anak. Usahakan para bunda membiasakan mengobati anaknya dengan obat-obatan alami agar anak tidak banyak mengkonsumsi obat kimia yg bisa membahayakan kesehatan anak. Pengobatan alami sangat terbukti digdaya buat menjaga kesehatan anak tanpa membawa impak samping.

  • Membiasakan tidur awal
Kebiasaan tidur yang paling baik ialah tidur awal dan bangun pagi lebih awal. Menggunakan bangun lebih pagi maka para anak mampu menikmati segarnya udara pagi. Selain itu dengan bangun pagi maka akan lebih melancarkan rejeki.
  • Menjaga dan menjauhkan anak dari penyakit menular
Anak-anak belum memiliki sistem serta kekebalan tubuh sebagus orang dewasa. Beliau masih rentan terkena penyakit terutama penyakit menular. Jagalah anak baik-baik dari penyakit yg mampu menular. Anak yang mempunyai penyakit menular usahakan jangan dicampurkan dengan anak yang sehat.

"tidak boleh membawa orang sakit menular kepada yang sehat." (hr. Imam ahmad, abu dawud dan an nasai)


  • Mengobati anak berasal penyakit mata yang hasad dan jin
Penyakit mata yang hasad atau 'ain sebab dengkinya seorang bisa diobati dengan cara di ruqyah. Buat menjaga anak asal penyakit 'ain ini maka kita menjadi orang tua harus senantiasa mendekatkan diri kepada allah.

Kesehatan anak ialah hal yg sangat krusial serta mahal harganya. Jangan abaikan anak sakit tidak berdaya sebab kecerobohan para ibu sebab tidak menjaga kesehatan serta menjaga kebersihan menggunakan baik. Sehat merupakan kapital besar buat anak supaya anak tumbuh kuat dan cerdas.

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

3 Comments Add Comment

mantap

http://otomotif-elektronika-penerbangan.blogspot.com

Balas

artikel bagus

https://indah-berpuisi.blogspot.com

Balas
Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×