-->
KONSEP KOMUNITAS DAN KESEHATAN (BAG 5)

KONSEP KOMUNITAS DAN KESEHATAN (BAG 5)

KONSEP KOMUNITAS DAN KESEHATAN (BAG 5)

5). Determinan Kesehatan

Gambar berikut menunjukkan bahwa terdapat empat faktor yang dapat memengaruhi status kesehatan manusia. Faktor tersebut di antaranya faktor lingkungan (environment), perilaku [behavior], keturunan (heredity), dan faktor pelayanan kesehatan (health care services). Untuk lebih jelasnya, berikut ini dijelaskan masing-masing faktor tersebut yang setiap faktornya dilengkapi dengan contoh.


a). Environment

Karakteristik alamiah fisik lingkungan termasuk iklim,kondisi tanah, dan topograpi, berhubungan dengan kesehatan secara langsung, berinteraksi terhadap efek ekonomi, kebudayaan, dan faktor lainnya yang berkontribusi terhadap status kesehatan. Lingkungan yang dibuat manusia dapat meningkatkan pengaruh terhadap kesehatan. Perumahan yang tidak memadai misalnya dapat berkontribusi terhadap penyakit. Lingkungan kerja, sanitasi, air, udara, polusi, berpengaruh terhadap kesehatan.

b). Behavior

Perilaku personal dan kebiasaan, termasuk perilaku merokok, mengemudi secara ugal-ugalan, makan berlebihan, penggunaan obat terlarang, tidak perhatian terhadap personal hygiene, dan terlambat dalam upaya mencari pelayanan kesehatan, memberikan pengaruh besar (major influences) terhadap health and wellness.

c). Heredity

Herediter atau faktor genetik yang merupakan faktor intrinsik yang alami dari individu dapat meningkatkan atau memengaruhi kemungkinan atau kecenderungan seseorang untuk mewarisi penyakit. Faktor genetik berinteraksi terhadap lingkungan dan perilaku.

d). Health care services

Dari keempat faktor yang memengaruhi kesehatan (input health), health care services memiliki pengaruh yang paling kecil (least influence) terhadap kesehatan dan digambarkan paling kecil dalam gambar tersebut di atas. Health care services termasuk community health services yang memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. 


Promosi kesehatan yang diberikan oleh fasilitas pelayanan kesehatan juga berpengaruh terhadap major input health. Apa yang dilakukan oleh institusi kesehatan seperti pencegahan penyakit melalui skrining kesehatan dan diagnosis dini serta kebiasaan pribadi yang baik (good personal habits) dapat memberikan pengaruh besar terhadap kesehatan.

Dalam public health, kita juga perlu memahami tentang determinan kesehatan (determinant of health). Gambar determinan kesehatan berikut ini menunjukkan bahwa kesehatan individu dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Misalnya faktor biologi dan faktor perilaku. 

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah faktor lingkungan, baik lingkungan fisik dan sosial. Selain itu, kesehatan individu juga dipengaruhi secara tidak langsung oleh dua hal, yaitu akses terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dan kebijakan serta intervensi yang dilakukan.

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

2 Comments Add Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×