-->
8 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Ibu Hamil

8 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Ibu Hamil

8 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Ibu Hamil

8 Manfaat Kacang Hijau 
Seperti yang kita ketahui bersama, jika ibu hamil harus bisa mencukupi kebutuhan nutrisinya supaya janin yang dikandung dapat tumbuh dengan sehat. Di antara banyak jenis makanan yang baik untuk ibu hamil, salah satunya adalah kacang hijau.Biasanya kacang hijau digunakan sebagai bahan untuk membuat pudding dan bubur kacang hijau. Meskipun memiliki bentuk yang tergolong kecil, namun kandungan protein nabati dan mineralnya cukup tinggi. 

Beberapa kandungan yang ada di dalam kacang hijau adalah karbohidrat, serat,protein, asam folat, lemak dan mineral.

Lantas apa saja sih manfaat kacang hijau bagi ibu hamil? simak ulasan lengkapnya berikut ini :

1). Mencegah Kecacatan Pada Janin

Ibu hamil yang selama masa kehamilannya kekurangan asam folat beresiko pada bayi yang dilahirkannya dalam keadaan cacat. Kelainanjantung pada bayi yang baru lahir, bibir sumbing, sampai kerusakan pada otak akan menyerang janin apabila ibu hamil tak bisa memenuhi kebutuhan akan asam folat.

Kacang hijau memiliki kandungan asam folat yang tinggi dan mampu mencegah semua kelainan tadi. Sehingga sangat baik dikonsumsi ibu hamil.

2). Mencegah Ibu Hamil Dari Osteoporosis

Ada banyak sekali mineral yang terkandung di dalam kacang hijau, diantaranya adalah kalsium dan zat besi. Jika ibu hamil mengkonsumsi air rebusan kacang hijau maka secara tak langsung mineral zat besik masuk di dalam tubuhnya dan bermanfaat membentuk hemogoblin dan kalsium yang berkhasiat untuk membentuk tulang dan jaringan pada janin yang dikandung.

3). Sumber Nutrisi Dan Asupan Gizi

Penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi minuman bergizi dan makanan sehat demi memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Zat gizi tersebut tidak hanya untuk menjaga kesehatan ibu saja, namun juga penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Kandungan nutrisi dalam kacang hijau sangatlah lengkap sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil.

4).
Termasuk Makanan Yang Rendah Lemak


Minuman dan makanan hasil olahan kacang hijau mengandung kadar lemak cukup rendah dan menjadikannya tidak cepat basi. Manfaat kacanghijau cukup baik bagi kesehatan jantung ibu hamil sebab kandungan lemak tidak jenuh yang dimilikinya.

5). Mencegah Anemia

Anemia selama kehamilan sangatlah berbahaya untuk ibu hamil, sebab beresiko mengalami keguguran atau pendarahan ketika persalinan nanti. Anemia memang ada banyak jenisnya, akan tetapi salah satu pemicu terjadinya anemia saat masa kehamilan ialah kekurangan asam folat dan vitamin B12.Tak hanya itu saja, untuk mencegah anemia tubuh memerlukan zat besiyang akan membantu proses pembentukan hemoglobin darah.

6). Mampu Memperbaiki Jaringan Yang Rusak Pasca Melahirkan

Kacang hijau memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dibandingkan bahan makanan lain seperti daging, ikan dan telur. Protein yang terkandung didalamnya cukup lengkap,ada juga asam amino essensial serta non essensial. Sehingga para ibu hamil diwajibkan untuk mengkonsumsinya.

Manfaat yang terkandung di dalam protein nabati kacang hijau mampu memperbaiki dan membentu sel-sel yang rusak. Untuk itu sangat dianjurkan agar dikonsumsi ketika awal kehamilan. Entah itu untuk pertumbuhan bayi maupun memperbaiki sel-sel jaringan yang rusak pasca melahirkan.

7). Sumber Energi

Berkat kandungan karbohidrat komplek dalam kacang hijau, ibu hamil bisa mendapatkan pasokan energi yang stabil selama masa kehamilan. Energi ini akan memberi tenaga kepada ibu hamil untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari. Sehingga ibu hamil tetap berenergi dan bisa melakukan rutinitas dengan normal.

8). Mencegah Bayi Terlahir Prematur

Banyak sekali faktor yang bisa menimbulkan bayi terlahir secara prematur. Baik dari jalan lahir, faktor ibu, ataupun janin. Apabila dilihat dari ibu, maka anemia yang dialami oleh ibu hamil adalah penyebabnya.Seperti yang sudah saya singgung di atas apabila kacang hijau berkhasiat untuk mengatasi anemia pada ibu hamil. Sehingga bisa dikatakan jika kacang hijau juga bisa mencegah persalinan prematur.

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×