-->
Mengetahui Sistem Serta Alat Reproduksi Manusia

Mengetahui Sistem Serta Alat Reproduksi Manusia

Mengetahui Sistem Serta Alat Reproduksi Manusia

Mengetahui Sistem Serta Alat Reproduksi Manusia
Insan diciptakan sang ilahi berpasang-pasangan, enzyme laki-laki ada wanita. Keduanya saling melengkapi buat menghasilkan keturunan serta meneruskan kelangsungan hidup manusia. Pria tidak mampu hayati pada dunia sendirian, begitupun perempuan.

Tidak dapat dibayangkan seandainya pada dunia tidak terdapat pria serta perempuan . Kelangsungan hidup spesies manusia tak akan mirip sekarang. Manusia mampu berkembang biak melanjutkan keturunan sebab mempunyai kemampuan buat bereproduksi serta memiliki organ-organ reproduksi. Dalam pelajaran hayati di bangku sekolah telah acapkali diajarkan tentang sistem serta alat reproduksi itu. Tetapi tidak terdapat salahnya pada sini kita bahas lagi tentang hal tersebut.

Secara entomologis reproduksi dari asal kata re yg merupakan pulang serta produksi rule merupakan membentuk atau menghasilkan. Jadi disini yang dimaksud dengan reproduksi ialah suatu proses kehidupan dalam menghasilkan keturunan demi kelestarian hidupnya.

Sedangkan yg dimaksud menggunakan sitem reproduksi merupakan sekelompok organ atau indera-indera tubuh yang berperanan dalam proses membentuk keturunan.

Semenjak lahir insan telah dibekali oleh tuhan menggunakan organ-organ yang berfungsi membentuk keturunan. Organ-organ tadi tidak selaras antara organ wanita serta pria.

Organ reproduksi laki-laki mencakup : kantung zakar (scrotum), buah zakar (testis), epididimis, saluran sperma, kantung semen, kelenjar prostat, uretra serta penis. Sedangkan organ reproduksi perempuan mencakup indung telur, fimbria, saluran telur, rahim, mulut rahim serta vagina. Organ-organ ini membuat sistem reproduksi yg baru berfugsi saat kita organ-organ reproduksi ini matang yaitu ketika masa pubertas.

Pubertas merupakan masa dimana ketika seseorang anak mengalami perubahan fisik, psikis serta pematangan fungsi seksual. Saat seorang anak mengalami pubertas maka dia dapat bereproduksi dan membuat keturunan secara biologis.

Berikut ialah organ-organ reproduksi manusia antara lain :
Alat reproduksi laki-laki
Sistem reproduksi laki-laki berurutan asal dalam keluar terdiri dari bollock, vesika seminalis, kelenjar prostat, epidedimis, vas deferens, semen, uretra, penis dan skrotum.

Skrotum (kantung zakar)
Artinya kantung longgar yang tersusun atas kulit, fasia serta otot polos yang menopang bollock diluar tubuh di suhu optimum buat produksi sperma.

Testis
Artinya organ lunak bebentuk oval menggunakan panjang 4-5 cm serta diameter 2,lima metric linear unit. Manfaatnya untuk membuat hormone testoteron dan sel spermatozoa.

Epididimis
Yaitu berupa tuba atau saluran rule panjangnya 4-6 meter yg manfaatnya menyimpan sperma selama half dozen minggu. Disini jua terjadi pematangan serta penyempurnaan sel sperma.

Vas deferens
Kelanjutan berasal epididimid berupa tuba lurus, mengandung pembuluh darah serta pembuluh limfa.

Duktus ejakulatorius
Artinya daerah rendezvous pembesaran dibagian ujung vas deferens dan duktus berasal vesika seminalis. Panjangnya 2 metric linear unit dan menembus kelenjar prostat buat bergabung dengan uretra yg Dari asal kandung kemih.

Uretra
Merentang dari kandung kemih hingga ujung erectile organ menjadi saluran sperma dan excretion.

Vesika seminalis
Berfungsi membentuk cairan kental kaya fruktosa yg berfungsi melindungi serta memberi nutrisi di sperma, mempertahankan keasamannya, dan mengandung prostaglandin rule menyebabkan gerakan sperma lebih cepat sehingga hingga ke bass horn falopi.

Kelenjar prostat
Kelenjar prostat merupakan organ beebentuk butir kemiri berukuran 4x3x2,5 metric linear unit dan berat sekitar twenty gram. Kelenjar prostat membentuk cairan basa yang menyerupai susu buat menetralisir keasaman epithelial duct saat bersenggama serta mempertinggi gerak / kemampuan gerak sperma. Pada waktu puber kelenjar ini mengalami perbesaran serta seiring bertambahnya usia, sebagai akibatnya pada usia tujuh puluh tahunan dua pertiga pria akan mengalami gangguan perkemihan dampak perbesaran kelenjar prostat.

Kelenjar bulbouretral
Ialah sepasang kelenjar kecil yang menyerupai kacang polong. Kelenjar ini menghasilkan cairan basa yg mengandung mucus ke dalam uretra erectile organ buat melumasi serta melindungi dan ditambahkan di ejaculate.


Penis
Penis adalah organ berbentuk saluran rule berfungsi sebagai tempat keluarnya kencing, sperma dan indera buat berafiliasi seksual. Penis mampu mengalami birahi/ menegang dan mengeras terutama ketika terdapat rangsangan seksual. Saat mengalami orgasme/ zenit kenikmatan seksual penis mengalami ejakulasi yaitu proses pengeluaran sperma saat terjadi orgasme

Indera reproduksi wanita

Sistem reproduksi wanita terdiri berasal alat reproduksi luar dan indera reproduksi pada
Alat reproduksi wanita bagian luar
Alat reproduksi perempuan bagian luar terdiri dari :

Mons pubis

Artinya daerah gundukan yg terletak di bawah pusar dan pada atas vagina. Wilayah ini terdiri dari jaringan lemak dan kulit. Bagian ini tertutupi oleh rambut yg tumbuh ketika pubertas.

Bibir mayor
Adalah 2 lapisan kulit yg merentang ke bawah berasal mons bone. Organ ini analog dengan skrotum/kantong zakar pada laki-laki .

Bibir minor
Adalah lipatan kulit diantara bibir mayor, mengandung kelenjar minyak dan beberapa kelenjar keringat. Rendezvous lipatan-lipatan bibir minor serta dibawah klitoris diklaim prepusium dan area di bawah klitoris dianggap frenulum

Klitoris
Homolog dengan penis pada pria, namun lebih kecil dan tidak mempunyai lisan uretra. Klitoris terdiri berasal dua akar serta satu batang dan satu glands klitoris bundar yang banyak mengandung ujung saraf serta sangat sensitif. Klitoris juga mengalami ereksi waktu ada rangsang seksual.

Vestibula
Vestibula artinya daerah rule dikelilingi Panax quinquefolius bibir minor yang menutupi verbal uretra, lisan vagina, serta duktus kelenjar bartholin. Kelenjar bartholin homolog menggunakan kelenjar bulbouertra di pria, yang berfungsi membuat cairan pelumas buat epithelial duct waktu melakukan korelasi seksual.

Orifisium uretra/verbal uretra
Ialah jaln keluar urine/air kencing

Ekspresi vagina

Ekspresi vagina terletak dibawah ekspresi uretra. Verbal vagian dilingkari oleh himen atau yang lazim dikenal sebagai selaput dara. Himen merupakan jarinagn rapuh dan mudah robek. Himen mempunyai lubang yang sebagai saluran kawasan keluar lendir serta darah asal womb waktu menstruasi.

Perineum
Merupakan kulit antara pertemuan dua lipatan bibir mayor menggunakan porta. Alat reproduksi perempauan bagian dalam
Terdiri atas ovarium, tuba faloppi, uterus serta epithelial duct.

Ovarium atau indung telurOvarium adalah organ berbentuk kacang kenari dengan berukuran panjang 3-lima centimeter, lebar dua-3 centimeter dan tebal one cm. Terletak di kanan serta kiri. Kegunaannya adalah buat membuat sel telur yg siap untuk pembuahan.

Tuba faloppi
Ialah organ berebentuk panjang yg berfungsi menerima dan mentransport sel telur ke rahim/uterus sehabis ovulasi. Ovulasi artinya proses pengeluaran sel telur yg sudah matang dan siap dibuahi asal ovarium menuju uterus. Tuba faloppi ini masing-masing terletak dikanan serta kiri menghubungkan ovarium menggunakan womb. Di 1/3 bagian dekat uterus umumnya adalah daerah terjadinya fertilisasi yaitu rendezvous antara sel sperma serta sel telur serta terjadi pembuahan.

Uterus atau rahim
Uterus merupakan organ tunggal yg berongga berbentuk seperti buah pir terbalik dengan berukuran normal/ tidak hamil sebanyak seven cm x five cm x tiga cm serta terdiri atas lapisan otot. Rahim merupakan tempat terjadinya nidasi atau implantasi embrio yaitu tempat berkembangnya embrio atau sel telur yg telah dibuahi sebagai akibatnya matang serta siap dilahirkan. Seiring dengan usia kehamilan dan perkembangan janin maka berukuran rahim juga semakin membesar dan akan pulang traditional beberapa hari setelah janin dilahirkan.

Vagina
Adalah saluran yg terdiri dari lapisan otot yg berfingsi sebagai saluran / daerah masuknya sperma waktu berhubungan seksual, saluran buat pengeluaran janin dan saluran menstruasi. Vagina berafiliasi dengan verbal rahim.

Organ-organ reproduksi tersebut akan berfungsi saat pubertas

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

1 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×