-->
Gizi Untuk Ibu Hamil

Gizi Untuk Ibu Hamil

Gizi Untuk Ibu Hamil

Gizi Untuk Ibu Hamil
Supermom, untuk memiliki baby yang cerdas, tentu tidak lepas daripemenuhan kebutuhan gizi saat kehamilan. Pemenuhan kebutuhan gizi harus sesuai dengan perkembangan usia kandungan sebagaimana dikelompokkan menjadi: 
  • Trimester pertama, kehamilan minggu ke-1 hingga minggu ke-12. 
  • Trimester kedua, kehamilan minggu ke-13 hingga minggu ke-28. 
  • Trimester ketiga, kehamilan minggu ke-28 hingga kelahiran. 
Pemenuhan kebutuhan gizi pada ibu hamil sangat penting bagi kesehatan janin dalam kandungan. Ibu hamil yang kekurangan gizi dapat mengakibatkan perkembangan janin tidak normal. Oleh karena itu, biasanya kehamilan membuat ibu perlu makan lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janinnya. Kehamilan pasti sangat berdampak pada kesehatan fisik dan mental calon ibu.

Untuk itu dibutuhkan asupan gizi yang memadai bukan hanya untuk kesehatan ibu tapi juga memelihara tumbuh kembang si jabang bayi agar sehat dan sejahtera sampai lahir nanti. Sekarang, mari kita simak tips untuk Supermom yang sedang mengandung agar dapat memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan!

Kebutuhan Gizi Ibu Hamil :
  • Kebutuhan Minggu ke-1 s/d Minggu ke-4. Pada periode kehamilan ini, calon ibu perlu mengonsumsi makanan bergizi tinggi untuk mencukupi kebutuhan kalori tubuh ibu dan janin yang bertambah 180 kkal per hari dari konsumsi kebutuhan tidak hamil sebesar 2200 kkal. Selain untuk memenuhi kebutuhan energi yang diperlukan oleh si ibu, gizi ini diperlukan karena janin sedang terbentuk secara pesat pada periode kehamilan ini. 

  • Kebutuhan Zat Gizi Minggu ke-5 s/d ke-6. Pada kehamilan minggu ke-5, si ibu biasanya akan mulai dilanda mual dan muntah. Agar konsumsi makanan tetap masuk tidak terganggu oleh rasa mual dan muntah, hal ini dapat disiasati dengan makan dalam porsi kecil tapi sering. Konsumsi makanan selagi segar atau hangat. 

  • Kebutuhan Zat Gizi Minggu Ke-7 s/d Minggu ke-8. lbu perlu mengonsumsi aneka jenis makanan berkalsium tinggi untuk menunjang pembentukan tulang rangka tubuh janin yang berlangsung saat ini. Kebutuhan kalsium ibu hamil ditambah 10 mg dari kebutuhan wanita tidak hamil sebesar 800 mg. Pada usia kehamilan trimester dua ini, ibu dan janin mengalami lebih banyak lagi kemajuan dan perkembangan. Kebutuhan zat gizi juga semakin meningkat seiring dengan semakin besarnya kehamilan. Cermati perkembangan pentingjanin dalam kandungan ibu, dan dukunglah dengan zat gizi yang tepat setiap harinya. 

  • Kebutuhan Zat Gizi Minggu ke-9 s/d ke-12. Pada minggu ke-9, ibu jangan sampai lupa menambah kebutuhan asam folat 0,2 pg dari kebutuhan wanita tidak hamil sebesar 400 pg. Banyak mengonsumsi juga vitamin C dengan menambah 200 mg dari kebutuhan wanita tidak hamil sebanyak 75 mg. Vitamin C digunakan untuk pembentukan jaringan tubuh janin, penyerapan zat besi dan mencegah pre eklamsia Pada minggu ke-10, saatnya ibu makan banyak protein untuk memperoleh asam amino tinggi yang berfungsi untuk pembentukan otak janin, ditambah kolin dan DHA untuk membentuk sel otak baru. 

  • Pada minggu ke-12 lbu hamil penuhi vitamin tinggi agar janin tidak mengalami cacat saat lahir. Kebutuhan vitaminnya meliputi vitamin A, B1, B2, B3 dan B6. Vitamin-vitamin tersebut berfungsi untuk membentuk proses tumbuh kembangjanin. Vitamin B12 untuk pembentukan sel darah baru pada janin, vitamin C untuk membantu janin dalam menyerap zat besi, vitamin D untuk pembentukan tulang, vitamin E untuk metabolisme. Jangan lupa juga ibu selalu mengkonsumsi zat besi, karena volume darah ibu akan meningkat 50%. Zat besi berguna untuk memproduksi sel darah merah agar ibu terhindar dari anemia (kurang darah). 
Zat Gizi Ibu Hamil
  • Kebutuhan Zat Gizi Minggu 13 s/d Minggu ke-16. Jangan makan cokelat, minum kopi, dan teh. Sebab kafeinnya (juga terdapat di teh, kola, dan cokelat) berisiko mengganggu perkembangan saraf pusat janin yang mulai berkembang. lbu perlu menambah asupan makanan setara dengan 300 kilo kalori per hari untuk tambahan energi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin. 

  • Kebutuhan Zat Gizi Minggu 17 s/d Minggu ke-23. lbu jangan sampai lupa makan sayur dan buah Serra cairan untuk mencegah sembelit_ Kebutuhan cairan tubuh meningkat pada periode kehamilan minggu-mmggu ini. Pastikan ibu minum 8-10 gelas air putih setiap harinya. Selain itu, konsumsi sumber zat besi dan vitamin C untuk mengoptimalkan pembentukan 5e| darah merah baru, sebab jantung dan sistem peredaran darah janin sedang berkembang. 

  • Kebutuhan Zat Gizi Minggu 24 s/d Minggu ke-28. Batasi garam pada makanan, karena memicu tekanan darah tinggi dan pencetus kaki bengkak akibat menahan cairan tubuh. Bila ibu ingin jajan atau makan di luar, pilih yang bersih tidak hanya kaya karbohidrat tapi bergizi dan zat gizi lengkap, tidak berkadar garam dan lemak tinggi. Pilih yang kaya serat seperti buah-buahan. Pada minggu ke- 28 ibu perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3, fungsinya bagi pembentukan otak dan kecerdasan janin. Vitamin E tinggi sebagai antioksidan harus dipenuhi pula pada kehamilan minggu ke-28 ini. 
Pada kehamilan periode trimester ketiga ini, ibu hamil butuh bekal energi yang memadai. Selain untuk mengatasi beban yang kian berat juga sebagai cadangan energi untuk persalinan kelak. ltulah

sebabnya memenuhi zat gizi tidak boleh dikesampingkan oleh ibu, baik secara kualitas maupun kuantitas. Pertumbuhan otak janin akan terjadi cepat sekali pada dua bulan terakhir menjelang persalinan. Karena itu, jangan sampai kekurangan zat gizi



Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×