-->
Tips Kesehatan Menjaga Stamina Tubuh Dari Cuaca Ekstrim

Tips Kesehatan Menjaga Stamina Tubuh Dari Cuaca Ekstrim

Tips Kesehatan Menjaga Stamina Tubuh Dari Cuaca Ekstrim

Tips Kesehatan Menjaga Stamina Tubuh Dari Cuaca Ekstrim
Cuaca labil, tiba-tiba panas tiba-tiba hujan. Ya, cuaca ekstrim kini tengah melanda belahan Indonesia. Diperkirakan cuaca ekstrim ini akan berlangsung sampai bulan februari 2017. Artinya kita masih dihadapkan pada cuaca yang berubah-ubah lebih Dari three bulan ke depan, alhasil kesehatan yang menjadi taruhannya. Kita sering mendengar istilah “penyakit musiman”,” wajar aja sih kan lagi musimnya sakit. Nah lo kok sakit dianggap wajar? padahal nyatanya penyakit musiman tersebut bisa kita cegah.

Bukankah kesehatan itu merupakan prioritas utama, apa gunanya uang banyak, makan makanan enak kalo fisik kita tidak sehat? Tentu tidak nyaman terlebih dengan berbagai aktifitas yang harus tetap kita jalani, sakit tentunya akan mengganggu produktifitas kita. Nah,sekarang gimana sih caranya tetap fit di tengan cuaca labil nan ekstrim ini, berikut beberapa tips jaga kesehatan yang mungkin bisa anda coba dirumah:
  • Jaga Asupan Nutrisi Tubuh
Apa yang kita makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan, penelitian menunjukkan bahwa berbagai penyakit muncul akibat pola makan sembarang serta makanan yang tidak sehat. Pilihlah makanan sehat yang bisa membantu kita dalam beraktifitas, perhatikan kandungan gizi serta nutrisi yang ADA di dalamnya. Hindari makanan cepat saji (junkfood) serta minuman berkafein tinggi guna menjaga stabilitas tubuh.
  • Perbanyak Minum Air Putih
Tubuh kita membutuhkan asupan air yang cukup, air putih berguna untuk memperlancar dan memperkaya kadar oksigen di dalam tubuh. Bayangkan apabila tubuh kita kekurangan cairan, dehidrasi serta penyakit lainnya akan segera mampir ke tubuh.
  • Konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur terbukti ampuh menjaga kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang tinggi serta rendah lemak ini terbukti dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, buah dan sayur juga bisa menyeimbangkan berat badan. Selain membantu mencegah sakit di cuaca ektrem, buah dan sayur juga cocok dijadikan alternatif program diet. Terhindar dari penyakit serta memiliki bentuk tubuh idaman tentunya sangat menggiurkan bukan?
  • Rutin Berolahraga
Jangan karena musim penghujan datang menjadikan kita bermalas-malasan berolahraga, justru inilah saatnya kita harus mempertahankan kebisaan olahraga. Lakukan gerakan-gerakan kecil untuk merefleksikan otot-otot yang kaku setelah seharian beraktivitas. yoga sangat dianjurkan guna menenagkan hati serta membantu memperlancar sirkualsi darah dan oksigen yang Akan membuat kita tetap sehat.
  • Segera Mandi dan Keramas setelah Kehujanan
Air hujan yang membasahi harus dinetralisir dengan mandi dan keramas, mengapa? Karena air hujan principle tiba-tiba membasahi tubuh tidak selamanya bersih dan mengandung partikel-partikel polusi yang Akan berdampak buruk pada kesehatan. Pada sebuah studi, menemukan hasil bahwa resiko sakit kepala bisa menjadi tinggi saat terjadi terubahan tekanan udara, peningkatan suhu, dan juga kelembapan yang tinggi.

Pada sebagian orang, perubahan cuaca bisa memicu terjadinya ketidak-seimbangan kandungan zat tertentu di dalam otak, termasuk serotonin, sehingga memicu terjadinya sakit kepala dan migrain. Nah, jangan remehkan mandi setelah kehujanan apabila tak ingin terserang sakit kepala atau migrain.
  • Jangan Begadang
Istirahat yang cukup merupankan kunci sebuah kesehatan. Namun ingat, tidur cukup bukan dilihat Dari lamanya kita tidur namun dari kualitas tidur itu sendiri. Begadang meningkatkan resiko terkena penyakit lebih tinggi, angin malam serta keadaan tubuh yang harus diistirahatkan Akan membuat penyakit mudah masuk ke tubuh kita.
  • Jaga Kebersihan Tubuh serta Lingkungan
Bakteri dan kuman penyebar penyakit akan lebih mudah berkembang pada tempat-tempat principle kotor. Untuk itu kebersihan tubuh, pakaian, dan lingkungan menajadi hal yang wajib diperhatikan. Pastikan kebersihan terjaga dengan baik agar kuman dan bakteri tak bisa berkembang. Selain itu, lingkungan rumah, kantor atau tempat principle anda kunjungi juga harus terjamin kebersihannya agar tak ADA kuman yang ikut dan bersarang di tubuh kita. Kebiasaan kecil namun sangat berpengaruh seperti rajin mandi, berwudhu, serta cuci tangan terbukti dapat mengurangi resiko terkena penyakit.
  • Minum suplemen bila diperlukan
Daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda, tak ada salahnya bila mulai mengkonsumsi suplemen victuals apabila benar-benar dibutuhkan. Konsultasikan ke dokter atau pakar kesehatan. Namun ingat, jangan pernah ketergantungan dengan suplemen vitamin. Pola makan sehat serta gaya hidup sehat lebih diutamakan untuk menghindari berbagai penyakit.

Cuaca ekstrim bukan halangan, semoga tips jaga kesehatan ini bisa membantu muslimah semua. Coba tipsnya dan tetaplah sehat, semoga bermanfaat.

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×