-->
Neonatus Pada Anak ; Pertumbuhan Serta Perkembangannya

Neonatus Pada Anak ; Pertumbuhan Serta Perkembangannya

Neonatus Pada Anak ; Pertumbuhan Serta Perkembangannya

Neonatus Pada Anak
Masa neonatus merupakan dapat dikatakan dengan singkat Masa usia anak berasal sejak lahir kedunia sampai menggunakan four minggu (0-28 hari). Anak mengalami tubmuh dan berkembang tidak hanya di mulai berasal masa neonatus, namun sejak dalam kandungan. Oleh karena itu bayi baru lahir yg normal memiliki identitas menjadi berikut :
  • Berat badan 2500-3500 gram 
  • Panjang badan lahir 47 - fifty two cm 
  • Lingkar dada 30 - thirty eight cm 
  • Lingkar kepala 33 - thirty five cm 
  • Denyut jantung > 100 kali per menit 
  • Pernafasan di mnt pertama cepat 80 kali per mnt, lalu menurun kira-kira 40 kali per mnt 
  • Kulit merah, sebab pada bawah kulit terdapat lemak, vernik caseosa 
  • Kuku-kuku jari panjang 
Pada alat kelamin/genitalia bayi wanita: labia mayora telah menutupi labia minora Di bayi pria, testis telah turun ke skrotum Lanugo telah tak terlihat lagi.

Pada Masa neonatus ini terbagi dalam dua masa, yaitu diantaranya :

1). Masa portunate

Masa portunate pada bayi berlangsung antara fifteen - thirty mnt pertama semenjak bayi lahir hingga tali pusatnya dipotong. Tindakan-tindakan atau donasi yang diberikan pada bayi baru lahir (bbl) antara lain :
  • Membersihkan muka bayi, daerah mata, hidung dan ekspresi. 
  • Melaksanakan penilaian apgar skor di menit pertama dan mnt kedua. Apgar skor meliti a=apperence (rona kulit), pulse = denyut jantung, gremace (kepekaan refleks), a=activity (tonus otot-keaktifan bayi), r= respiratory (usaha nafas-pernafasan). 
  • Membebaskan jalan nafas bayi dengan cara ; menghisap lendir, darah, air ketuban yg terhisap bayi. 
  • Memotong tali pusat bayi yg terhubung dengan ari-ari sehingga ibu dan bayi terpisah, mengikat dan merawat tali pusat. 
  • Membersihkan badan bayi dari segala kotoran dengan menggunakan minyak, air hangat, sabun. 
  • Membungkus badan bayi agar tidak kedinginan. 
  • Membawa bayi ke ibunya untuk disusukan dan supaya mak lebih kenal lebih dini menggunakan bayinya. 
  • Melaksanakan pengukuran anthropometris bayi mencakup panjang badan, berat badan, lingkar kepala, lingkar dada, lingkar lengan.
  • Melakukan pemeriksaan pada seluruh tubuh bayi buat mengetahui apakah bayi lahir pada kondisi cacat/tidak yang mencakup pemeriksaan di ; arse, kurang lebih kepala, anggota gerak serta anggota tubuh lainnya.
2). Masa newborn infant

Masa newborn infant berlangsung pada ketika pengguntingan tali sentra, anak menjadi individu yang terpisah dan "berdiri sendiri".

Masa ini ditandai dengan penyesuaian terhadap lingkungan baru. Menurut kriteria kesehatan penyesuaian tercapai ditandai menggunakan terlepasnya tali pusat. Sedangkan berdasarkan kriteria psikologi, penyesuaian tercapai jika telah mencapai balik berat badan yang berkurang sehabis lahir dan mulai menampakkan gejala kemajuan perkembangan dalam tingkah laris (masa plateu).

3). Memberi serta memakaikan sandang bayi

Memasang dan memberi identitas bayi serta merawat mata pada keadaan higienis, rapi dan terbungkus hangat bayi dibawa ke ruang perawatan.

4). Penyesuaian utama rule harus dilakukan sebelum anak dapat memperoleh kemajuan perkembangan tingkah laku , yaitu :

Perubahan suhu pada rahim ibu dengan suhu lingkungan.
Perubahan pernafasan, sebelum lahir bayi bernafas dengan plasenta dan sehabis lahir bernafas dengan paru-paru. Menghisap serta menelan sebagai cara buat memperoleh makanan yg semula asal plasenta melalui tali sentra. Cara pembuangan melalui organ-organ sekresi yang mana sebelum lahir melalui plasenta dan tali sentra.

Keempat proses penyesuaian tadi terlihat menggunakan menurunnya berat badan fisiologis selama minggu pertama

Hari pertama sampai menggunakan minggu kedua asal kelahiran, berat badan bayi akan menurun karena bayi mulai kehilangan cairan melalui buang air akbar dan kecil, melalui keringat, uap air melalui pernafasan sedangkan pemasukan tak mencukupi, karena pemasukan air susu bunda (asi) masih kurang.

Turunnya berat badan tadi disebut penurunan berat badan fisiologis apabila penurunan berat badan tadi tidak boleh lebih berasal 10 the troubles Iranian berat badan lahir.

Pada masa neonatus, bayi akan lebih banyak tidur dan buat mempertahankan hidupnya neontaus diperalati dengan beberapa kemampuan-kemampuan antara lain :
  • Insting, 
  • Reflek serta 
  • Kemampuan buat belajar. 
  • Insting 
Insting artinya suatu kemampuan yg sudah ada semenjak lahir, bersifat psikofisis (mempunyai segi psikis serta fisik/jasmani) yg tujuan utamanya merupakan memberikan reaksi terhadap lingkungan menggunakan rangsangan yg khas dan terjadi tanpa belajar. Misalanya ; reaksi menyusui, kebutuhan akan rasa aman, naluri sosial yg memungkinkan anak berkomunikasi dengan lingkungan misalnya senyum Bila ibu mengajak bayi bicara.

Refleks
Refleks ialah suatu gerakan rule terjadi secara otomatis/impulsif tanpa disadari di bayi yang traditional. Perkembangan motorik bayi diawali menggunakan reflek-reflek yg sebagian sudah terjadi dalam kandungan. Reflek-reflek ini akan berkurang sejalan dengan pertumbuhan usianya.

Macam-macam reflek pada bayi antara lain :

1). Tonic neck reflek (reflek tonus leher) merupakan gerakan impulsif otot kuduk pada bayi traditional dimana Jika bayi ditengkurapkan, maka secara spontak bayi akan memiringkan kepalanya.
2). Rooting reflek (reflek menghisap) ialah artinya reflek terpenting dimana jika ADA sesuatu yg menyentuh daerah kurang lebih ekspresi bayi, maka bayi akan membuka mulutnya serta memiringkan kepalanya ke arah yg menyentuh.
3). Graps reflek (reflek menggenggam), jika tangan kita menyentuh telapak tangan bayi, maka bayi akan berusaha menggenggam tangan kita menggunakan bertenaga. Reflek ini juga berlaku di ke 2 kaki. Reflek ini akan menghilang setelah bayi melewati bulan-bulan pertama.
4). Moro reflek, berdasarkan pengertian para ahli, reflek moro merupakan suatu reaksi emosional yg ADA pada luar kemauan atau kesadaran bayi. Reflek ini akan timbul atau muncul ketika bayi diangkat atau direnggut secara kasar asal gendongannya. Bayi seolah-olah mendekatkan tubuhnya pada orang rule mendekpanya. Reflek ini tak jarang diikuti tangisan keras dari bayi. Reflek moro tidak mempunyai fungsi yg nyata dan Akan hilang menggunakan sendirinya pada saat rule relatif singkat.
5). Startle reflek (reflek mengehntak), ialah rekasi emosional berupa hentakan serta gerakan mirip mengejang pada lengan serta tangan serta seringkali diikuti dengan tangis rasa takut. Refek ini terjadi bila menggunakan datang-datang dikejutkan oleh bunyi yang keras dan cahaya yg terlalu kuat atau perubahan suhu yg mendadak contohnya bayi dimandikan di waktu bayi masih tidur, maka dia tersentak serta menangis.
6). Stapping reflek ialah suatu reflek kaki secara spontan bila bayi tadi diangkat tegak dan kakinya satu persatu di satu dasar, maka bayi akan melakukan gerakan melangkah. Reflek ini bersifat reflek belajar seolah-olah akan berjalan.


Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×