-->
Media Dan Tips Kesehatan Untuk Ibu Menyusui

Media Dan Tips Kesehatan Untuk Ibu Menyusui

Media Dan Tips Kesehatan Untuk Ibu Menyusui

Media Dan Tips Kesehatan Untuk Ibu Menyusui
Perlu kiranya menerapkan tips sehat untuk ibu menyusui dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi. Bagi seorang ibu yang baru melahirkan tentu akan melalui fase menyusui sang bayi setidaknya sampai dua tahun. Cara seperti itu akan menimbulkan masalah kesehatan bagi ibu menyusui atau bagi bayinya. Asi yang diberikan setiap hari kepada sang bayi diharapkan akan membuat bayi memiliki imunitas yang kuat dan tubuhnya sehat.

Oleh karena itu perlu sekali para ibu menyusui memperhatikan kesehatan dirinya dan buah hatinya salah satunya dengan asupan yang bernutrisi cukup. Berikut tips sehat untuk ibu menyusui yang banyak direkomendasikan oleh para pakar kesehatan dan sangat perlu oleh para ibu menyusui diketahui Namun sayang banyak dari ibu-ibu menyusui yang kurang memperhatikan kualitas asupan nutrisinya. Asal punya energi untuk mengurus si buah hati terkadang mereka hanya mementingkan asal kenyang.

Mengkonsumsi jenis makanan yang sehat dan juga bergizi

Beberapa makanan dan pola hidup berikut ini bisa dijadikan pilihan ideal bagi para ibu menyusu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan kesehatan ibu dan bayi.

1). Buah Segar dan sayuran Hijau

Kandungan serat dalam buah dan sayuran sangat baik untuk sistem pencernaan ibu menyusui Buah dan sayuran mengandung aneka nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan ibu dan anak.

2).
Gandum yang utuh dan beras merah

Sementara beras merah bisa menjadi pilihan karena mampu menyediakan kalori untuk memproduksi asi dengan kualitas yang baik Gandum memiliki kandungan asam folat yang baik bagi ibu dan bayi. Tapi supaya tidak semata-mata karbohidrat maka ibu bisa mengganti dengan gandum utuh dan beras merah kebutuhan karbohidrat wajib dipenuhi.

3).
Telur ayam kampng Dan ikan segar

Telur banyak mengandung vitamin D juga sehingga dapat berperan sebagai pembentuk tulang bayi. Sebaiknya pilihlah ikan yang kaya akan DHA, seperti ikan salmon Kebutuhan protein juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi ikan minimal dua porsi dalam seminggu. Untuk mencukupi kebutuhan protein bisa dengan mengonsumsi telur atau daging.

4). Minumlah susu untuk menyusui

Vitamin B, vitamin D, dan juga protein akan dapat memenuhi asupan nutrisi bagi ibu dan juga bayiny susu yang kaya akan kandungan kalsiuma Meminum susu merupakan tips sehat untuk ibu menyususi yang direkomendasikan.

5). Menghindari kafein yang berlebihan

Kafein juga terdapat pada coklat, minuman ringan, kopi dan teh Sebaiknya hindari kafein selama proses menyusui karena tingginya kandungan kafein pada air susu bisa mengganggu sistem pencernaan bayi. Ibu menyusui sangat tidak disarankan mengonsumsi kafein berlebihan.

6). Tetap menjaga Kebutuhan cairan Tubuh

Walaupun jumlah asupan minum air tidak akan mempengaruhi suplai ASI untuk bayi, namun pada masa menyusui mencukupi cairan tubuh sangat penting agar metabolisme tubuh tetap terjaga Menjaga cairan tubuh merupakan salah satu tips sehat untuk ibu menyusui yang perlu diperhatikan. Minumlah secara teratur dan tidak harus menunggu haus terlebih dahulu.

7). Teruslah berolahraga yang ringan dan teratur

Tidak disarankan melakukan olah raga yang berat dulu karena kondisi fisik pasca melahirkan biasanya belum kuat. Hiruplah udara segar sehingga badan akan terasa bugar dan nyaman. Luangkanlah waktu senggan untuk olah raga seperti yoga atau joging. Ibu bisa mengajak pasangan dan buah hatinya keluar rumah untuk jalan-jalan disekitar kompleks. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk mengusir rasa bosan atau jenuh karena terus berada di dalam rumah.

8). Mencukupi kebutuhan tidur yang sehat

Pada saat bayi tidur sebaiknya ibu juga tidur walaupun hanya beberapa menit. Tidak tercukupinya kebutuhan tidur bisa mengganggu proses produksi ASI yang baik. Manfaatkanlah waktu luang yang ada untuk istirahat dan tidur. Selain itu juga akan menyebabkan ibu menyusui menjadi lesu bahkan bisa sakit

itulah tadi beberapa tips kesehatan untuk ibu menyususi yang pada umumnya direkomendasikan para pakar kesehatan untuk ibu dan anak.

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

1 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×