-->
KONSEP KEPERAWATAN KESEHATAN KOMUNITAS

KONSEP KEPERAWATAN KESEHATAN KOMUNITAS

KONSEP KEPERAWATAN KESEHATAN KOMUNITAS

KONSEP KEPERAWATAN
Pelayanan kesehatan adalah salah satu pelayanan di bidang kesehatan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan saat ini sangat menjadi perhatian masyarakat luas. Perhatianmereka tidak saja pacla aspek kuantitas, tetapi sekarang ini menyangkut aspek kualitas pelayanan kesehatan itu sendiri. 

Pelayanan kesehatan tersebut diberikan oleh tenaga kesehatan profesional yang diharapkan mampu memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat kapan dan di mana pun. Tenaga kesehatan atau health professional tersebut misalnya tenaga keperawatan, kebidanan, kedokteran, kesehatan masyarakat, dan tenaga kesehatan lainnya.

Salah satu topik yang masih hangat dibicarakan, didiskusikan, dan terus dikembangkan adalah tenaga keperawatan yang salah satu bidang atau areanya adalah keperawatan kesehatan masyarakat.

Banyak sebutan tentang keperawatan kesehatan masyarakat. Ada yang menyebut sebagai public health nursing dan ada juga yang menyebutnya dengan community health nursing. Khusus di Indonesia sendiri, kita mengenal atau yang disingkat dengan Perkesmas (Perawatan Kesehatan Masyarakat), namun sekarang lebih cenderung sebutannya menjadi Keperawatan Kesehatan Komunitas. Hal tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan

(Kepmenkes) R.I. Nomor 279/Menkes/SK/IV/2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Upaya Keperawatan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas. Namun, berdasarkan berbagai sumber tentang keperawatan kesehatan komunitas, sebagian dari mereka menyebutnya public health nursing, namun ada juga banyak buku yang menyebutnya community health nursing. Bahkan beberapa buku secara tegas berjudul: Public/Community Health Nursing.

Termasuk dalam beberapa definisi menyebutnya sebagai public health nursing, namun ada juga yang menyebutnya sebagai community health nursing. Hal ini dapat kita simak dari definisi menurut Association of Community Health Nursing Educators/ACHNE (1990) yang menyebutkan bahwa community health nursing dan public health nursing adalah sinonim. Secara lebih detil dapat dilihat pada bagian definisi keperawatan komunitas di buku ini. 

Dengan demikian, sebaiknya kita tidak terjebak pada perdebatan apakah public health nursing ataukah community health nursing, karena yang lebih penting adalah keperawatan kesehatan komunitas ataupun keperawatan kesehatan masyarakat semakin berkembang ke arah yang lebih baik dan lebih mandiri. Harapannya, perawat kesehatan komunitas mampu memberikan pelayanan keperawatan yang terus meningkat kualitasnya dari waktu ke waktu agar tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Keperawatan kesehatan komunitas memegang peranan penting dalam memberikan pelayanan keperawatan di masyarakat. Banyak hal yang dapat dilakukan guna ikut berperan aktif meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Melalui keperawatan kesehatan komunitas, perawat dapat memberikan Keperuluan Kesehainn Komuniius pelayanan kesehatan primer, sekunder, dan tersier kepada masyarakat. 

Namun, pada sisi yang lain keperawatan kesehatan komunitas di Indonesia juga tidak terlepas dari berbagai macam kendala dan isu penting terutama yang terkait dengan kebijakan pemerintah, regulasi, dan permasalahan lainnya. Semua itu sebaiknya dihadapi secara bijak dengan melakukan berbagai macam perubahan di dalam diri perawat itu sendiri, termasuk organisasi profesi dan institusi pendidikan keperawatan. Perawat kesehatan komunitas, terutama yang ada di Puskesmas, juga mengalami berbagai macam permasalahan.

Mereka menyadari bahwa mereka adalah para perawat yang memiliki kecakapan di bidangnya (keperawatan kesehatan komunitas). Akan tetapi, mereka tidak banyak melaksanakan tugas profesi mereka tersebut dengan berbagai macam alasan. Sebenarnya, keperawatan kesehatan komunitas adalah salah satu bidang yang sangat strategis untuk dapat berperan aktif dalam meningkatkan status kesehatan masyarakat. Menurut World Health Organization (WH O), 60-80% pelayanan kesehatan di dunia diberikan oleh perawat, sementara itu di Afrika hampir 85% pelayanan kesehatan diberikan oleh perawat (Anderson and McFarlane, 2010). Oleh karena itu, pemahaman dan kemampuan untuk mengaplikasikan keperawatan kesehatan komunitas menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan.

Share this:

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

Like Kompi Ajaib? Keep us running by whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

This is how to whitelisting Kompi Ajaib in your ad blocker.

Thank you!

×
×
×